Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese English French German Spain Italian

11 Januari, 2011

TN WASUR SEBAGAI BASIS EKOWISATA DI PAPUA SELATAN

Oleh : Saiful Anwar, S.Hut

Indonesia termasuk salah satu dari 17 negara yang memiliki dua per tiga hingga seperempat kekayaan flora dan fauna dunia. Dunia telah mengakui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan julukan "mega biodiversity in the world", ini artinya bahwa Indonesia merupakan habitat dari sumber daya alam hayati dunia dengan tingkat keanekaragaman yang sangat tinggi. Potensi ini merupakan asset berharga bagi bangsa Indonesia dalam meningkatkan devisa negara melalui pembangunan wisata dengan memperhatikan sensivitas ekologi. Posisi Indonesia pada garis khatulistiwa juga di anugerahi kekayaan dan keanekaragaman sumberdaya alam dan hayati dalam hutan-hutannya, bahkan Indonesia dikenal sebagai kawasan yang memiliki spesies tertentu yang masuk dalam kategori tertinggi di dunia. Keragaman dan kekayaan alam tropis dan bentukan lanskap alami serta budaya etnikal dan juga bentukan arsitektur dan lanskap budayanya menjadikan Indonesia sebagai salah satu lokasi kunjungan wisata yang potensial di dunia. Indonesia merupakan salah satu dari wilayah pariwisata Asia Timur dan Pasifik, dimana wilayah ini terbagi dalam 4 (empat) zona: Equator Tourist Area, Cancer Tourist Area, Capricon Tourist Area, dan Asean Tourist Image. Daya tarik utama pariwisata wilayah ini adalah pada ecotourism terutama alam tropis dengan keragaman spesies dan keindahan biotanya, baik flora maupun fauna. Keberadaan berbagai Taman Nasional, Cagar Alam, Suaka Alam dan kekayaan flora dan fauna baik di daratan (terestrial) maupun di air (akuatik) serta perkampungan tradisional dan cagar budaya etnikal ini merupakan aset wisata alam untuk dikembangkan sebagai salah satu obyek dan atraksi di berbagai daerah tujuan wisata.

Hampir setiap areal dan ragam etnikal Indonesia, bila dikelola dengan baik, dapat menjadi bagian atau areal pengembangan suatu kawasan wisata, termasuk juga areal yang memiliki legenda rakyat atau folk-lore yang signifikan dan bermakna pelestarian terhadap budaya dan kearifan lokal. Taman Nasional Wasur merupakan salah satu kawasan pelestarain alam yang memiliki keanekaragaman potensi SDA yang sangat kompleks baik itu ditinjau dari sudut pandang kenakeragaman hayati maupun keragaman budaya etnikal yang terdapat di kawasan tersebut sehingga prasyarat untuk mengembangkan kawasan tersebut sebagai basis ekowisata di Papua Selatan menjadi sangat ideal dimana Menurut Gunn (1993), perencanaan pengembangan pariwisata ditentukan oleh keseimbangan potensi sumberdaya dan jasa yang dimiliki (supply) dan minat wisatawan (demand). Komponen supply terdiri atas : potensi atraksi (keindahan alam dan budaya), aksesibilitas, pelayanan informasi dan akomodasi. Komponen demand terdiri dari : pasar dan motivasi wisatawan. Sehingga berkembang atau tidaknya suatu kawasan wisata akan sangat tergantung pada modal yang dimiliki oleh kawasan tersebut. Modal kepariwisataan ini dapat di golongkan menjadi tiga, yaitu potensi alam dan lokasi, potensi budaya etnikal, serta potensi manusia/masyarakat yang ada. Dari ketiga jenis modal tersebut, kesemuanya telah include di dalam kawasan Taman Nasional Wasur sebagai master of ecotourism in the South Papua. Gagasan membangun kawasan Taman Nasional Wasur sebagai master of ecotourism in the South Papua harus ditopang dengan sistem perencanaan yang matang dan mendapatkan dukungan yang kooperatif dari para pihak yang berkompeten dalam menunjang sistem pengelolaan di kawasan TNW,

Dengan demikian produk-produk wisata yang nantinya akan diaplikasikan merupakan hasil dari rumusan para pihak dan disusun dengan memperhatikan pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut :

· Pemanfaatan Sumberdaya Alam Pengalaman wisatawan di obyek wisata hendaknya memberikan kesan bagaimana keadaan lingkungan alam, ini memberikan suasana baru yang menyegarkan. Perencanaan tata ruang kawasan harus memberikan peluang bagi pemanfaatan potensi alam sebagai bagian dari kegiatan pariwisata.

· Penangganan Masalah Dampak Lingkungan Perancangan fisik hendaknya dapat mencegah kerusakan alam sehingga kelestarian lingkungan dapat terjaga.

· Pertimbangan Ekonomis Tata Ruang Lokasi kawasan yang hendak dikembangkan hendaknya mempertimbangkan aksesibilitas bagi lapisan masyarakat yang membutuhkan. Apabila lokasi obyek wisata belum ditetapkan sebaik dilakukan proses seleksi.

· Organisasi dan Struktur Tata Ruang Penataan ruang pada prinsipnya adalah menetapkan pengelompokan komponen sarana pariwisata, sehingga membentuk keterkaitan antara berbagai kawasan fungsional, terciptanya keteraturan urutan kegiatan yang membutuhkan hubungan fungsional yang berkesinambungan, memisahkan kegiatan yang saling mengganggu, menghindarkan kesan monoton.

· Sistem Transportasi dan media pelayanan Efisiensi pergerakan untuk mencapai objek wisata dikaitkan dengan ketersediaan media pelayanan pariwisata merupakan syarat penting dalam pengembangan perencanaan tata ruang kawasan wisata berkelanjutan. Kelancaran dan efisiensi pergerakan ini harus dapat mengarahkan dan memadukan berbagai kegiatan, untuk itu dibutuhkan media pelayanan pariwisata yang tepat dan efisien.

Demikian, semoga tulisan ini dapat menjadi raferensi bagi para pihak dalam mewujudkan harapan untuk menciptakan Taman Nasional Wasur sebagai basis Ekowisata di Papua Selatan (master of ecotourism in the South Papua)

0 komentar:

Posting Komentar

Video : Musamus

Klik disini apabila tidak bisa menampilkan video

Rumah Semut begitu orang menyebutnya, padahal Musamus begitu sebutan penduduk lokal merupakan “istana” yang dibangun oleh koloni rayap. Menggunakan campuran dari rumput kering sebagai bahan utama dan liur sebagai semen untuk merekatkannya, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun istana rayap ini.

Keistimewaan dari rumah rayap ini adah rancangan ventilasinya yang berupa lorong-lorong yang membantu melindungi dari air hujan, dan membantu melepas panas ke udara ketika musim panas tiba. Karena berbagai keistimawaan yang dipunyainya, maka tidak heran musamus dijadikan lambang daerah Kabupaten Merauke.

Musamus ini hanya dapat ditemukan di beberapa tempat di dunia, dan untuk di Indonesia mungkin hanya ada di Merauke saja. Kita dapat menemukan Musamus di Taman Nasional Wasur dan di beberapa wilayah di Kabupaten Merauke.